Home The News Komisi Informasi Kabupaten Bangkalan Dilantik
Komisi Informasi Kabupaten Bangkalan Dilantik PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 11 March 2014 10:10

KABUPATEN Bangkalan telah resmi memiliki Komisi Informasi. Itu setelah Bupati Bangkalan RKH Fuad Amin SPd melalui Wabup Drs HM Syafik Rofii melantik lima anggota KI Kabupaten Bangkalan periode 2011 – 2015.

Ke lima anggota KI adalah Drs H. Mustahal Rasyid MPd, Dra RAJ Sri Darijah Sundari, H Muzammil SAg, Aliman Harish dan Moh Iksan. Mereka dilantik di Pendopo Agung Bangkalan, Selasa (28/06/2011) disaksikan anggota muspida, pimpinan SKPD, camat serta undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Syafik mengatakan, Komisi Informasi memiliki fungsi menjalankan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Serta peraturan pelaksanaannya, menetapkan petunjuk teknis standar layanan informasi publik dan menyelesaikan sengketa informasi publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi non-litigasi.

Dibentuknya Komisi Informasi bertujuan agar undang-undang keterbukaan informasi publik dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan kualitas badan publik pemerintah dan badan publik non pemerintah dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat,” kata Wabup Syafik usai melantik anggota Komisi Informasi Kabupaten Bangkalan.

Selain itu, dibentuknya komisi informasi bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Juga mendorong partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik, serta dapat mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Sesuai amanat Pasal 24 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008, Komisi Informasi Kabupaten berkedudukan di ibu kota kabupaten. Beranggotakan lima orang yang mencerminkan unsur pemerintah dan unsur masyarakat.

Komisi Informasi Kabupaten memiliki tugas menerima, memeriksa, dan memutus sengketa informasi publik di daerah melalui mediasi dan/atau ajudikasi non-litigasi,” urai Wabup. Komisi Informasi Kabupaten Bangkalan secara resmi ditetapkan dengan Keputusan Bupati Bangkalan Nomor : 188.45/182/kpts/433.013/2011 dan telah tercatat dalam lembaran daerah tanggal 20 Juni 2011. (fiq)

Last Updated ( Tuesday, 11 March 2014 10:39 )
 



PEMERINTAH KABUPATEN BANGKALAN

-DISHUBKOMINFO-